top of page
  • Writer's picturePoniran Belgian

CARA MENJADI BLOGGER SEJATI

CARA MENJADI BLOGGER SEJATI

HAL DASAR DALAM BUAT BLOG

Bagaimana saya bisa memulai sebuah blog, Cara Membuat Situs Blog adalah pertanyaan yang sangat relevan dan posting ini menunjukkan jawaban dan menjelaskan proses langkah demi langkah tentang cara membuat Blog.WordPress adalah CMS yang paling banyak digunakan untuk blogging dan ada beberapa dari plugin yang baik tersedia gratis dan berbayar di WordPress untuk meningkatkan fungsionalitas situs blog. Di sini saya merekomendasikan hosting web Bluehost untuk blogger mana pun karena menyediakan masa pakai SSL gratis untuk situs web WordPress dan juga dukungan yang baik.




BERIKUT STEP DASAR DALAM BLOGGING


#1.Hosting dan Domain


Bluehost bisa menjadi penyedia hosting terbaik untuk blog WordPress sementara ada banyak penyedia hosting lainnya. Saya membeli paket hosting bersama selama 3 tahun bersama dengan domain gratis satu tahun yang akan diperbarui setelah satu tahun.


Anda dapat membeli hosting yang menurut Anda cocok untuk Anda dengan memilih paket yang diinginkan, Anda dapat melakukan pembelian dengan mendaftar/login. Domain dapat dibeli di Bluehost atau dari penyedia lain. Sekarang Anda dapat masuk ke Bluehost dengan kredensial yang mereka kirimkan kepada Anda. Sebuah layar akan muncul setelah Anda masuk dan Anda dapat masuk ke WordPress untuk mengelola blog Anda.


#2.Tema


Ada banyak tema WordPress gratis yang tersedia, saya telah menggunakan tema Ocean WP untuk blog WordPress saya. Tema ini sepenuhnya gratis dan Anda dapat menginstal semua plugin yang diperlukan di dalamnya.


Buka nama domain Anda / wp-admin dan login misalnya domain/wp-admin. Setelah Anda login akan ada dashboard dan masuk ke tampilan dan tema.


Setelah dinavigasi ke area ini ketik nama tema di kotak pencarian lalu instal dan aktifkan.


#3.SSL (Lapisan Soket Aman)


SSL memungkinkan tautan terenkripsi yang aman antara server web dan browser. Bluehost menerapkan SSL gratis untuk semua situs dengan WordPress. Anda dapat mengaktifkan SSL untuk blog WordPress Anda dengan masuk ke login penagihan atau Anda dapat menghubungi dukungan Bluehost dan meminta SSL untuk aktivasi.


Masuk ke Bluehost dan Beranda>Situs saya>Kelola Situs


Pergi ke keamanan dan Aktifkan SSL.


#4.Konfigurasi Surat dan Formulir Kontak


Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, Anda dapat membuat email web untuk domain Anda. Gunakan mis. Jika domainnya adalah tekengine.org, Emailnya bisa jadi ashif@tekengine.org


Buka Email di akun Bluehost > email > Tambahkan Akun Email. Anda dapat menambahkan email yang Anda inginkan dan memberikan kuota kemudian membuat akun.


Setelah Anda membuat email, buka webmail dan masuk dengan alamat email yang dibuat dan kata sandi (yang digunakan untuk masuk ke akun Bluehost)


#5.Plugin


Berikut adalah beberapa plugin bermanfaat yang saya gunakan untuk blog WordPress Bluehost saya.


Validasi Komentar Lanjutan: Plugin Validasi Komentar


Formulir Kontak 7: Ini adalah formulir kontak yang sederhana dan fleksibel.


Peta Situs Google XML untuk Gambar: Plugin ini akan menghasilkan Peta Situs Gambar XML untuk blog WordPress Anda


Peta Situs Google XML untuk Video: Plugin ini akan menghasilkan Peta Situs Video XML untuk blog WordPress Anda


myStickymenu: Implementasi menu sticky (fixed on top) sederhana untuk menu navigasi.


Berbagi Sosial Sassy: Tombol Berbagi Terlicin, Paling Sederhana, dan Dioptimalkan. Facebook, Twitter, Google+, Pinterest.


Smush: Kurangi ukuran file gambar, tingkatkan kinerja, dan tingkatkan SEO Anda


Korsel Posting Responsif: Plugin Slider untuk WordPress


Yoast SEO: solusi SEO all-in-one untuk WordPress, termasuk analisis konten di halaman


Buka panel admin situs web yang disebutkan pada langkah 2 lalu navigasikan ke Plugin>Tambahkan baru dan instal plugin atau Anda dapat mengunduh semua plugin tersebut dan mengunggah satu per satu.


#6.Pengembangan Blog


tajuk

Buat semua halaman yang diperlukan untuk halaman blog> tambahkan baru, berikan nama yang sesuai untuk semua halaman lalu buka apprearance> menu Anda dapat melihat semua nama halaman yang dibuat di bawah halaman, sekarang buat menu baru dan beri nama kemudian centang kotak nama halaman yang Anda inginkan dan klik tambahkan ke menu lalu simpan, ini dapat Anda lihat di blog WordPress Anda.


Korsel

Dasbor> korsel dan buat korsel. Anda dapat mengatur posting mana yang akan ditampilkan di carousel.


Widget

Dasbor>tampilan>widget. Cukup seret widget yang tersedia dan letakkan di bilah geser dan footer.


catatan kaki

Buka tampilan> sesuaikan, temukan bagian bawah footer dari halaman dan sesuaikan.


Postingan

Dashboard>Posts>add new, berikan nama posting dan mulailah menulis posting dan publikasikan, Anda dapat mengatur carousel posting mana yang akan muncul di slider beranda.


halaman

Dasbor>Halaman>tambah baru, beri nama halaman dan di judul tulis konten yang Anda inginkan dan publikasikan. Halaman ini Anda dapat menambahkan dalam menu juga.


REFERENSI
8 views0 comments
bottom of page